Narasumber: pakar psikologi Ahmad Fikry G, S. Psi, M.Psi dan Tri Sumarsih, MNS. Foto Istimewa

Gombong Unimugo – Sabtu, 9 Desember 2023, Perhimpunan Mahasiswa Keperawatan Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Gombong atau yang dikenal dengan PERHIMAKS sukses menggelar seminar nasional dengan tema “Melangkah Maju Membangun Masa Depan Dengan Sehat Jiwa.” Acara ini berlangsung di aula lantai 3 kampus UNIMUGO dimulai pukul 08.00 hingga selesai, yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa internal kampus & luar kampus, baik secara offline maupun online melalui aplikasi zoomeeting.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Fakultas Kesehatan, Ibu Ike Mardiyati Agustin, M.Kep, Sp.J, menegaskan bahwa kesehatan mental adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. “Bahkan fenomena yang ada saat ini, kabupaten Kebumen berada di rangking 4 se-Jawa Tengah terkait jumlah kasus kesehatan jiwa,” ujarnya.

Acara ini menampilkan dua pembicara, yang pertama adalah pakar psikologi Ahmad Fikry G, S. Psi, M.Psi, psikolog yang membahas tentang latar belakang bunuh diri di tingkatan mahasiswa serta bagaimana cara penanganan secara medis dan prespektif Islam. Pembicara kedua adalah dosen dari departemen keilmuan jiwa UNIMUGO Tri Sumarsih, MNS yang menyampaikan materi membangun benteng diri menjadi generasi sehat jiwa.

Selain itu, seminar ini juga menampilkan sesi tanya jawab interaktif, di mana peserta dapat bertanya atau berbagi pengalaman yang langsung mendapatkan jawaban dan saran dari para pembicara.

Para peserta memberikan tanggapan positif terhadap acara ini, menganggapnya sebagai langkah penting dalam upaya meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya kesehatan jiwa. Beberapa di antara mereka menyatakan bahwa seminar ini memberikan wawasan baru dan motivasi untuk aktif menjaga kesehatan jiwa mereka sendiri.

Seminar kesehatan jiwa ini diharapkan dapat menjadi awal dari serangkaian kegiatan yang bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang pentingnya kesehatan jiwa. Dengan semakin meningkatnya kesadaran ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan kampus yang lebih mendukung bagi mahasiswa untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jiwa mereka.

“Melangkah Maju Membangun Masa Depan Dengan Sehat Jiwa” bukan hanya sekadar acara, tetapi juga simbol komitmen bersama menuju kesejahteraan mental. Semangat positif yang tercipta di acara ini diharapkan akan terus berlanjut dalam berbagai kegiatan komunitas mendatang dan membawa dampak positif bagi perkembangan kesehatan mental di masa depan.